Forum Informatika
Silahkan Login

Kami sarankan anda register atau daftar terlebih dahulu agar anda dapat mendownload atau membuka category forum secara keseluruhan....
karena ada beberapa forum yang tertutup untuk tamu dan dengan Login Anda bisa menggunakan fasilitas Chatting yang kami miliki.

Selamat Bergabung
Forum Informatika
Silahkan Login

Kami sarankan anda register atau daftar terlebih dahulu agar anda dapat mendownload atau membuka category forum secara keseluruhan....
karena ada beberapa forum yang tertutup untuk tamu dan dengan Login Anda bisa menggunakan fasilitas Chatting yang kami miliki.

Selamat Bergabung
Forum Informatika
Would you like to react to this message? Create an account in a few clicks or log in to continue.

Forum Informatika

Created By Hanafi Sukawa Ginting
 
HomeLatest imagesPasang Iklanfacebook InformatikaRegisterLog inNew Tab Newscomputer

Share | 
 

 OSI MODEL Jaringan Komputer

View previous topic View next topic Go down 
AuthorMessage


Change Your Avatar -------------->

admin
admin

Admin
Rank : Admin


My Pets : OSI MODEL Jaringan Komputer Emoticon-animal-028
Jumlah posting : 550
Point : 2147483647
Reputasi : 47
Join date : 2010-04-23
Age : 31
Lokasi : indonesia

OSI MODEL Jaringan Komputer Empty
PostSubject: OSI MODEL Jaringan Komputer   OSI MODEL Jaringan Komputer I_icon_minitimeFri 25 Feb 2011, 14:38

OSI MODEL
7. Application Layer
Network News Transfer Protocol (NNTP)
Network News Transfer Protocol (NNTP) adalah aplikasi Internet protokol yang digunakan untuk mengangkut artikel berita Usenet (netnews) antara server berita dan untuk membaca dan posting artikel oleh aplikasi client pengguna akhir. Brian Kantor dari University of California, San Diego dan Phil Lapsley dari University of California, Berkeley menulis RFC 977, spesifikasi untuk Jaringan Berita Transfer Protocol, pada bulan Maret 1986. kontributor lainnya termasuk Stan O. Barber dari Baylor College of Medicine dan Erik wajar Apple Computer.
Usenet awalnya dirancang berdasarkan jaringan UUCP, dengan transfer artikel yang paling berlangsung selama hubungan telepon langsung point-to-point antara server berita, yang sistem time-sharing kuat. Pembaca dan poster login ke komputer ini membaca artikel langsung dari disk lokal.
Sebagai jaringan area lokal dan partisipasi internet berkembang biak, menjadi diinginkan untuk memungkinkan newsreaders untuk dijalankan pada komputer yang terhubung ke jaringan lokal. Karena sistem berkas terdistribusi belum tersedia secara luas, sebuah protokol baru yang dikembangkan berdasarkan pada model client-server. Ini mirip dengan Simple Mail Transfer Protocol (SMTP), tetapi dirancang untuk bertukar artikel newsgroup.
Seorang pembaca berita, juga dikenal sebagai klien berita, adalah sebuah aplikasi perangkat lunak yang membaca artikel di Usenet, baik secara langsung dari disk server berita atau melalui NNTP.
Port TCP terkenal 119 disediakan untuk NNTP. Ketika klien terhubung ke server berita dengan Transport Layer Security (TLS), port TCP 563 digunakan. Ini kadang-kadang disebut sebagai NNTPS.
Pada bulan Oktober 2006, IETF RFC 3977 yang dirilis update protokol NNTP dan banyak codifies penambahan dibuat selama bertahun-tahun sejak RFC 977.
Session Initiation Protocol (SIP)
Session Initiation Protocol (SIP) adalah protokol signaling IETF didefinisikan, banyak digunakan untuk sesi komunikasi multimedia seperti panggilan suara dan video melalui Internet Protocol (IP) mengendalikan. Protokol ini dapat digunakan untuk membuat, mengubah dan mengakhiri dua partai (unicast) atau multipartai (multicast) sesi yang terdiri dari satu atau beberapa media stream. Modifikasi dapat mencakup perubahan alamat atau port, mengundang peserta lebih banyak, dan menambahkan atau menghapus media stream. Lain contoh aplikasi layak termasuk video conferencing, streaming distribusi multimedia, pesan cepat, informasi keberadaan, transfer file dan game online.
SIP awalnya dirancang oleh Henning Schulzrinne dan Mark Handley dimulai pada tahun 1996. Versi terbaru dari spesifikasi ini adalah RFC 3261 dari IETF Jaringan Kelompok Kerja . Pada November 2000, SIP diterima sebagai protokol signaling 3GPP dan elemen permanen IP Multimedia Subsystem (IMS) arsitektur untuk layanan berbasis IP multimedia streaming dalam sistem selular.
Protokol SIP adalah Application Layer protokol yang didesain untuk menjadi independen dari lapisan transport yang mendasarinya, yang dapat berjalan di Transmission Control Protocol (TCP), User Datagram Protocol (UDP), atau Stream Control Transmission Protocol (SCTP). protokol berbasis teks, menggabungkan berbagai elemen dari Hypertext Transfer Protocol (HTTP) dan Simple Mail Transfer Protocol (SMTP).
SSI (Simple Sensor Interface)
SSI (Simple Sensor Interface) Protokol adalah sebuah protokol komunikasi sederhana yang dirancang untuk mentransfer data antara komputer atau terminal pengguna dan sensor cerdas. Protokol SSI adalah protokol lapisan aplikasi seperti pada model OSI.
Protokol SSI telah dikembangkan bersama oleh Nokia, Vaisala, Suunto, Ionific, Mermit dan University of Oulu. Saat ini SSI sedang dikembangkan dalam proyek Mimosa yang merupakan bagian dari Uni Eropa Kerangka Program pada Research.
Protokol SSI digunakan dalam komunikasi point-to-point lebih dari UART dan jaringan aplikasi nanoIP. SSI juga menyediakan sensor pemungutan suara dan data sensor streaming. Untuk sensor RFID tag SSI menetapkan peta memori untuk data sensor.
Kriteria untuk pengembangan protokol SSI:
Tujuan umum
sederhana - overhead minimal
jejak kecil di sisi (sensor) server
Contoh penerapan protokol SSI untuk mikrokontroler MSP430 akan diterbitkan sebagai sumber terbuka selama bulan Agustus 2006 oleh Nokia.
Domain Name System (DNS)
Domain Name System (DNS) adalah sistem penamaan hirarkis dibangun di database terdistribusi untuk komputer, jasa, atau sumber daya terhubung ke Internet atau jaringan pribadi. Ini asosiasi berbagai informasi dengan nama domain ditugaskan untuk setiap perusahaan yang berpartisipasi. Yang terpenting, hal menerjemahkan nama domain berarti bagi manusia ke dalam pengenal numerik yang berhubungan dengan jaringan peralatan untuk tujuan menemukan dan menangani perangkat ini di seluruh dunia.
Sebuah analogi yang sering digunakan untuk menjelaskan Sistem Nama Domain adalah bahwa ia berfungsi sebagai buku telepon untuk Internet dengan menerjemahkan nama host komputer manusia-ramah menjadi alamat IP. Sebagai contoh, [You must be registered and logged in to see this link.] menerjemahkan nama domain ke alamat 192.0.32.10 (IPv4) dan 2620:0:2 d0: 200:: 10 (IPv6).
Nama Domain Sistem ini memungkinkan untuk menetapkan nama domain ke kelompok sumber daya Internet dan pengguna dengan cara yang berarti, independen dari lokasi fisik masing-masing entitas. Karena ini, World Wide Web (WWW) hyperlink dan informasi Internet kontak dapat tetap konsisten dan konstan bahkan jika saat ini Internet routing mengubah pengaturan atau peserta menggunakan perangkat mobile. nama domain internet lebih mudah diingat daripada alamat IP seperti 208.77.188.166 (IPv4) atau 2001: DB8: 1f70:: 999: de8: 7648:6 e8 (IPv6). Pengguna memanfaatkan ini ketika mereka mengucapkan bermakna Uniform Resource Locator (URL) dan alamat e-mail tanpa harus mengetahui bagaimana komputer benar-benar menempatkan mereka.
Nama Domain Sistem mendistribusikan tanggung jawab menetapkan nama domain dan pemetaan nama ke alamat IP dengan menunjuk server nama otoritatif untuk setiap domain. server nama otoritatif yang ditugaskan untuk bertanggung jawab untuk domain khusus mereka, dan pada gilirannya dapat menetapkan server nama lain otoritatif untuk-mereka subdomain. Mekanisme ini telah membuat DNS terdistribusi dan fault tolerant dan telah membantu menghindari kebutuhan untuk mendaftar pusat tunggal untuk terus berkonsultasi dan diperbarui.
Secara umum, Domain Name System juga menyimpan jenis informasi lainnya, seperti daftar mail server yang menerima email untuk sebuah domain Internet tertentu. Dengan memberikan layanan, pengalihan seluruh dunia didistribusikan berdasarkan kata kunci, Domain Name System merupakan komponen penting dari fungsi Internet.
File Transfer Protocol (FTP)
File Transfer Protocol (FTP) adalah protokol jaringan standar yang digunakan untuk menyalin file dari satu host ke yang lain melalui jaringan berbasis TCP, seperti Internet. FTP dibangun pada arsitektur client-server dan menggunakan kontrol terpisah dan koneksi data antara client dan server. FTP pengguna mungkin otentikasi diri menggunakan teks-jelas sign-in protokol tetapi dapat terhubung secara anonim jika server dikonfigurasi untuk memungkinkan itu.
FTP pertama aplikasi klien yang interaktif command-line tools, melaksanakan perintah standar dan sintaks. Klien antarmuka pengguna grafis sejak telah dikembangkan untuk banyak sistem operasi desktop yang populer digunakan saat ini.
Gopher
Protokol Gopher / ɡoʊfər / adalah TCP / IP Application layer protokol yang didesain untuk mendistribusikan, mencari, dan mengambil dokumen melalui Internet. Sangat berorientasi pada desain menu-dokumen, protokol Gopher adalah pendahulu dari (dan kemudian, sebuah alternatif untuk) World Wide Web.
Protokol ini menawarkan beberapa fitur tidak didukung oleh native Web dan menerapkan hirarki yang lebih kuat pada informasi yang tersimpan di dalamnya. Teks antarmuka menu adalah cocok untuk lingkungan komputasi yang sangat bergantung pada remote terminal komputer berorientasi teks, yang masih umum pada waktu penciptaan pada tahun 1991, dan kesederhanaan protokol yang memfasilitasi berbagai implementasi klien.
Meskipun sebagian besar digantikan oleh Web pada tahun-tahun berikutnya, protokol Gopher masih digunakan oleh penggemar, dan populasi kecil dari server aktif-tetap dipertahankan.
Hypertext Transfer Protocol (HTTP)
Hypertext Transfer Protocol (HTTP) adalah protokol jaringan terdistribusi, kolaboratif, sistem informasi hypermedia. HTTP adalah dasar dari komunikasi data untuk World Wide Web.
Pengembangan standar HTTP telah dikoordinasikan oleh Internet Engineering Task Force (IETF) dan World Wide Web Consortium (W3C), yang memuncak dalam publikasi serangkaian Permintaan untuk Komentar (RFC), terutama RFC 2616 (Juni 1999) , yang mendefinisikan HTTP/1.1, versi HTTP yang digunakan umum.
Network File System (NFS)
Network File System (NFS) adalah file sistem jaringan protokol yang awalnya dikembangkan oleh Sun Microsystems pada tahun 1984, memungkinkan pengguna pada komputer klien untuk mengakses file melalui jaringan dengan cara yang sama dengan bagaimana penyimpanan lokal diakses. NFS, seperti protokol lainnya, dibangun di atas Open Network Computing Remote Procedure Call (RPC ONC) sistem. The Network File System adalah standar terbuka yang didefinisikan dalam RFC, sehingga siapapun untuk melaksanakan protokol.
Network Time Protocol (NTP)
Network Time Protocol (NTP) adalah sebuah protokol untuk sinkronisasi jam sistem komputer melalui paket-switched, data variabel-latency jaringan. Hal ini dirancang khusus untuk melawan efek latency variabel dengan menggunakan buffer jitter.
NTP merupakan salah satu protokol internet tertua yang masih digunakan (sejak sebelum 1985). NTP pada awalnya dirancang oleh David L. Mills dari University of Delaware, yang masih memelihara dengan tim relawan.
NTP menggunakan User Datagram Protocol (UDP) pada nomor port 123.
NTP tidak terkait dengan Protokol sederhana Daytime (RFC 867) atau Protokol Waktu (RFC 868).
Istilah ini juga mengacu pada implementasi referensi perangkat lunak yang didistribusikan oleh NTP Pelayanan Publik Proyek.
Short Message Peer-to-Peer (SMPP)
Short Message Peer-to-Peer (SMPP) protokol adalah industri telekomunikasi protokol untuk pertukaran SMS antara entitas peer SMS seperti pusat layanan pesan singkat dan / atau External Short Messaging Entitas. Hal ini sering digunakan untuk memungkinkan pihak ketiga (misalnya penyedia layanan nilai tambah seperti organisasi berita) untuk menyampaikan pesan, seringkali dalam jumlah besar.
SMPP awalnya dirancang oleh Aldiscon, sebuah perusahaan Irlandia kecil yang kemudian diakuisisi oleh Logica (sekarang memisahkan diri dan dikenal sebagai Acision). Pada tahun 1999, secara resmi menyerahkan Logica SMPP ke SMPP Developers Forum, kemudian dinamai sebagai Forum SMS dan sekarang dibubarkan. Spesifikasi protokol SMPP masih tersedia melalui situs web yang juga membawa pemberitahuan yang menyatakan bahwa hal itu akan diturunkan pada akhir tahun 2007. Sebagai bagian dari syarat serah terima asli, SMPP kepemilikan kini telah kembali ke Acision karena pembubaran forum SMS.
protokol ini didasarkan pada pasang permintaan / PDU respon (unit data protokol, atau paket) ditukar atas lapisan OSI 4 (SVC3 sesi TCP atau X.25) koneksi. PDU adalah biner dikodekan untuk efisiensi.
Versi yang paling umum digunakan adalah SMPP v3.3, standar yang paling banyak didukung, dan v3.4, yang menambahkan dukungan transceiver (koneksi tunggal yang dapat mengirim dan menerima pesan). pertukaran Data dapat sinkron, dimana setiap peer harus menunggu respon untuk setiap PDU sedang dikirim, dan asynchronous, di mana beberapa permintaan dapat diterbitkan dalam satu pergi dan diakui dalam tatanan miring oleh peer lain. Versi terbaru dari SMPP adalah v5.0.
Simple Mail Transfer Protocol (SMTP)
Simple Mail Transfer Protocol (SMTP) adalah standar Internet untuk surat elektronik (e-mail) transmisi di Internet Protocol (IP) jaringan. SMTP pertama kali didefinisikan oleh RFC 821 (1982, akhirnya dinyatakan STD 10),dan terakhir diperbarui oleh RFC 5321 (2008) yang meliputi SMTP diperluas (ESMTP) penambahan, dan merupakan protokol yang digunakan secara luas saat ini. SMTP ditetapkan untuk transportasi surat keluar dan menggunakan TCP port 25. Protokol untuk pengajuan baru secara efektif sama seperti SMTP, namun memakai port 587 sebagai gantinya. Koneksi SMTP dijamin oleh SSL yang dikenal dengan singkatan SMTPS, meskipun SMTPS bukan protokol di dalam dirinya sendiri.
Sementara server surat elektronik dan agen mail lain transfernya menggunakan SMTP untuk mengirim dan menerima pesan email, aplikasi klien user-level mail biasanya hanya menggunakan SMTP untuk mengirimkan pesan ke mail server untuk merelay. Untuk penerimaan pesan, aplikasi klien biasanya menggunakan baik Post Office Protocol (POP) atau Internet Message Access Protocol (IMAP) atau sistem berpemilik (seperti Microsoft Exchange atau Lotus Notes / Domino) untuk mengakses account email mereka kotak pada server mail .
Dynamic Host Configuration Protocol (DHCP)
Dynamic Host Configuration Protocol (DHCP) adalah konfigurasi otomatis protokol yang digunakan pada jaringan IP. Komputer yang terhubung ke jaringan IP harus dikonfigurasikan sebelum mereka dapat berkomunikasi dengan komputer lain di jaringan. DHCP memungkinkan komputer yang akan dikonfigurasi secara otomatis, menghilangkan kebutuhan untuk intervensi oleh administrator jaringan. Ini juga menyediakan database pusat untuk melacak komputer yang telah terhubung ke jaringan. Hal ini mencegah dua komputer dari sengaja yang dikonfigurasi dengan alamat IP yang sama.
Dengan tidak adanya DHCP, host mungkin secara manual dikonfigurasi dengan alamat IP. Atau IPv6 host dapat menggunakan alamat autoconfiguration berkewarganegaraan untuk menghasilkan sebuah alamat IP. Host IPv4 dapat menggunakan link-lokal itu untuk mencapai konektivitas lokal terbatas.
Selain alamat IP, DHCP juga menyediakan informasi konfigurasi yang lain, khususnya alamat IP resolvers caching DNS lokal. Host yang tidak menggunakan DHCP untuk konfigurasi alamat masih dapat menggunakannya untuk mendapatkan informasi konfigurasi lainnya.
Ada dua versi DHCP, satu untuk IPv4 dan satu untuk IPv6. Sedangkan kedua versi menanggung nama yang sama dan melakukan banyak tujuan yang sama, rincian protokol untuk IPv4 dan IPv6 cukup berbeda yang mereka dapat dianggap sebagai protokol terpisah.
Simple Network Management Protocol (SNMP)
Simple Network Management Protocol (SNMP) adalah sebuah "protokol Internet standar untuk mengelola perangkat pada jaringan IP. Perangkat yang biasanya mendukung SNMP termasuk router, switch, server, workstation, printer, rak modem, dan banyak lagi.Hal ini digunakan terutama dalam sistem manajemen jaringan untuk memonitor perangkat jaringan-terlampir untuk kondisi yang menjamin perhatian administratif SNMP adalah komponen dari Internet Protocol Suite seperti yang didefinisikan oleh Internet Engineering Task Force (IETF).. Ini terdiri dari satu set standar untuk manajemen jaringan, termasuk protokol layer aplikasi, sebuah skema database, dan satu set objek data.
SNMP memaparkan pengelolaan data dalam bentuk variabel pada sistem dikelola, yang menggambarkan konfigurasi sistem. Variabel ini kemudian dapat di-query (dan kadang-kadang set) dengan mengelola aplikasi.
Telnet
Telnet adalah sebuah protokol jaringan yang digunakan di Internet atau jaringan area lokal untuk menyediakan fasilitas interaktif dua arah berorientasi teks komunikasi menggunakan koneksi terminal virtual. User data di-band diselingi dengan informasi kontrol Telnet dalam koneksi data 8-bit byte berorientasi selama Transmission Control Protocol (TCP).
Telnet dikembangkan pada tahun 1969 dimulai dengan RFC 15, diperpanjang dalam RFC 854, dan distandarisasi sebagai Internet Engineering Task Force (IETF) Standar Internet STD 8, salah satu standar Internet pertama.
Secara historis, Telnet menyediakan akses ke antarmuka command-line (biasanya, dari sebuah sistem operasi) pada remote host. Sebagian besar peralatan jaringan dan sistem operasi dengan TCP / IP stack mendukung layanan telnet untuk konfigurasi jauh (termasuk sistem berbasis Windows NT). Karena masalah keamanan dengan Telnet, digunakan untuk tujuan ini telah menyusut dalam mendukung SSH.
Para telnet panjang juga dapat merujuk kepada perangkat lunak yang mengimplementasikan bagian klien protokol. aplikasi klien Telnet yang tersedia untuk hampir semua platform komputer. Telnet juga digunakan sebagai kata kerja. Untuk telnet berarti membuat koneksi dengan protokol Telnet, baik dengan klien baris perintah atau dengan antarmuka program. Sebagai contoh, sebuah direktif umum mungkin: "Untuk mengubah sandi Anda, telnet ke server, login dan menjalankan perintah passwd." Paling sering, seorang pengguna akan telnet ke sistem Unix-like server atau perangkat jaringan (seperti router) dan mendapatkan prompt login ke antarmuka baris perintah teks atau manajer layar penuh berbasis karakter.
Network Configuration Protocol, NETCONF
Network Configuration Protocol, NETCONF, adalah sebuah jaringan protokol IETF manajemen. Hal ini dikembangkan dalam kelompok NETCONF kerja dan diterbitkan pada bulan Desember 2006 sebagai RFC 4741.
NETCONF menyediakan mekanisme untuk menginstal, memanipulasi, dan menghapus konfigurasi perangkat jaringan. Kegiatan usaha direalisasikan di atas lapisan (RPC) sederhana Remote Procedure Call. Protokol NETCONF menggunakan pengkodean Extensible Markup Language (XML) berdasarkan data untuk data konfigurasi serta pesan protokol. Hal ini pada gilirannya diwujudkan di atas protokol transport.




6. Presentation Layer
Multipurpose Internet Mail Extensions (MIME)
Multipurpose Internet Mail Extensions (MIME) merupakan standar Internet yang memperpanjang format e-mail untuk mendukung:
Teks di set karakter selain ASCII
Non-text attachment
Message tubuh dengan beberapa bagian
Header informasi dalam karakter non-ASCII set
Menggunakan MIME, bagaimanapun, telah berkembang di luar menggambarkan isi e-mail untuk menggambarkan jenis materi secara umum, termasuk untuk web (lihat jenis media internet).
Hampir semua manusia-ditulis Internet e-mail dan proporsi yang cukup besar otomatis e-mail dikirim melalui SMTP dengan format MIME. Internet e-mail ini begitu erat terkait dengan SMTP dan MIME standar yang kadang-kadang disebut SMTP / MIME e-mail.
Jenis konten yang didefinisikan oleh MIME standar juga penting di luar e-mail, seperti protokol komunikasi seperti HTTP untuk World Wide Web. HTTP mensyaratkan bahwa data yang ditransmisikan dalam konteks pesan e-mail seperti, meskipun data yang paling sering tidak benar-benar e-mail.
External Data Representation (XDR)
External Data Representation (XDR) adalah standar IETF dari 1995. Hal ini memungkinkan data yang akan dibungkus secara arsitektur independen yang memungkinkan data yang akan ditransfer antara sistem komputer heterogen. Konversi dari perwakilan lokal untuk XDR disebut encoding. Konversi dari XDR ke perwakilan lokal disebut decoding. XDR diimplementasikan sebagai perangkat lunak perpustakaan fungsi yang portable antara sistem operasi yang berbeda dan juga independen dari lapisan transport.
Transport Layer Security (TLS)
Transport Layer Security (TLS) dan pendahulunya, Secure Socket Layer (SSL), adalah protokol kriptografi yang menyediakan keamanan komunikasi melalui Internet. TLS dan SSL mengenkripsi segmen dari koneksi jaringan di atas Transport Layer, menggunakan kriptografi simetrik untuk privasi dan otentikasi mengetik pesan kode untuk keandalan pesan.
Beberapa versi dari protokol yang digunakan secara luas dalam aplikasi seperti browsing web, surat elektronik, fax internet, instant messaging dan voice-over-IP (VoIP).
TLS adalah standar IETF lagu protokol, yang terakhir diperbarui pada RFC 5246 dan didasarkan pada spesifikasi SSL sebelumnya dikembangkan oleh Netscape Corporation.


5. Session Layer
named pipe
named pipe adalah perluasan untuk konsep pipa tradisional pada sistem Unix dan Unix-like, dan merupakan salah satu metode komunikasi antar-proses. Konsep ini juga ditemukan dalam Microsoft Windows, meskipun semantik berbeda secara substansial. Sebuah pipa tradisional "tak dikenal" karena ada anonim dan hanya berlangsung selama proses sedang berjalan. Sebuah pipa bernama adalah sistem-persistent dan ada di luar kehidupan proses dan harus dihapus setelah tidak lagi digunakan. Proses umumnya menempel pada pipa bernama (biasanya muncul sebagai file) untuk melakukan komunikasi antar proses (IPC).
NetBIOS
NetBIOS adalah singkatan dari Network Basic Input / Output System. Ini memberikan layanan yang terkait dengan lapisan sesi dari model OSI memungkinkan aplikasi pada komputer yang terpisah untuk berkomunikasi melalui jaringan area lokal. Sebagai ketat sebuah API, NetBIOS bukan protokol jaringan. Sistem operasi yang lebih tua berlari NetBIOS atas IEEE 802.2 dan IPX / SPX menggunakan NetBIOS Frames (NBF) dan NetBIOS atas IPX / (NBX) SPX protokol, masing-masing. Dalam jaringan modern, biasanya berjalan NetBIOS over TCP / IP melalui NetBIOS melalui protokol TCP / (NBT) IP. Hal ini mengakibatkan setiap komputer dalam jaringan yang memiliki keduanya alamat IP dan nama NetBIOS sesuai dengan nama host (mungkin berbeda).
Announcement Protocol (SAP)
Announcement Protocol (SAP) adalah sebuah protokol untuk informasi penyiaran multicast sesi.
Sebuah aplikasi SAP mendengarkan dapat mendengarkan alamat multicast SAP IP dan membangun panduan dari semua sesi multicast diiklankan. SAP diterbitkan oleh IETF sebagai RFC eksperimental 2974.
SAP biasanya menggunakan Session Description Protocol (SDP) sebagai format deskripsi sesi, dan sesi multicast yang biasanya aliran data menggunakan User Datagram Protocol (UDP) atau Real-time Transport Protocol (RTP).
Layer 2 Tunneling Protocol (L2TP)
Layer 2 Tunneling Protocol (L2TP) adalah sebuah protokol tunneling yang digunakan untuk mendukung jaringan privat virtual (VPN). Ini tidak menyediakan enkripsi atau kerahasiaan dengan sendirinya,. ia bergantung pada protokol enkripsi yang lewat di dalam terowongan untuk memberikan privasi.
Meskipun tindakan L2TP seperti protokol Data Link Layer pada model OSI, L2TP sebenarnya adalah Session Layer protokol, dan menggunakan port UDP terdaftar 1701. (lihat Daftar nomor port TCP dan UDP).
Point-to-Point Tunneling Protocol (PPTP)
Point-to-Point Tunneling Protocol (PPTP) adalah sebuah metode untuk menerapkan jaringan pribadi virtual. PPTP menggunakan saluran kontrol atas TCP dan sebuah terowongan GRE operasi untuk encapsulate paket PPP.
Spesifikasi PPTP tidak menggambarkan fitur enkripsi atau otentikasi dan bergantung pada protokol PPP yang terowongan untuk melaksanakan fungsi keamanan. Namun demikian pelaksanaan PPTP yang paling umum, pengiriman dengan keluarga produk Microsoft Windows, menerapkan berbagai tingkat otentikasi dan enkripsi native sebagai fitur standar dari PPTP Windows stack. Tujuan penggunaan protokol ini adalah untuk memberikan tingkat keamanan yang sama dan akses VPN remote sebagai produk khas.

4. Transport Layer
TCP
TCP merupakan salah satu protokol inti dari Internet Protocol Suite. TCP merupakan salah satu dari dua komponen asli suite, melengkapi Internet Protocol (IP), dan karenanya seluruh paket sering disebut sebagai TCP / IP. TCP menyediakan handal, memerintahkan pengiriman aliran byte dari sebuah program pada satu komputer ke program lain di komputer lain. TCP merupakan protokol yang aplikasi Internet yang besar bergantung pada, aplikasi seperti World Wide Web, e-mail, dan transfer file. Aplikasi lain, yang tidak memerlukan layanan handal data stream, dapat menggunakan User Datagram Protocol (UDP) yang menyediakan layanan datagram yang menekankan mengurangi latensi lebih deliverability diandalkan. TCP menyediakan saluran point-to-point untuk aplikasi yang membutuhkan komunikasi handal. Hypertext Transfer Protocol (HTTP), File Transfer Protocol (FTP) dan Telnet adalah contoh aplikasi yang membutuhkan saluran komunikasi yang handal.
User Datagram Protocol (UDP)
User Datagram Protocol (UDP) adalah salah satu anggota inti dari Internet Protocol Suite, himpunan protokol jaringan yang digunakan untuk Internet. Dengan UDP, aplikasi komputer dapat mengirim pesan, dalam hal ini disebut sebagai datagrams, untuk host lain pada jaringan Internet Protocol (IP) tanpa membutuhkan komunikasi sebelum mengatur saluran transmisi khusus atau jalur data. Protokol ini dirancang oleh David P. Reed pada tahun 1980 dan secara resmi didefinisikan dalam RFC 768.
UDP menggunakan model transmisi sederhana tanpa implisit tangan gemetar dialog untuk menyediakan keandalan, memesan, atau integritas data. Dengan demikian, UDP menyediakan layanan diandalkan dan datagrams mungkin tiba out of order, muncul digandakan, atau pergi hilang tanpa pemberitahuan. UDP mengasumsikan bahwa pemeriksaan kesalahan dan koreksi yang baik tidak diperlukan atau dilakukan di aplikasi, menghindari overhead pemrosesan tersebut di tingkat antarmuka jaringan. Aplikasi Sisa-sensitif sering menggunakan paket UDP karena menjatuhkan adalah lebih baik untuk menunggu paket tertunda, yang mungkin tidak menjadi pilihan dalam sistem real-time Jika fasilitas koreksi kesalahan. dibutuhkan pada tingkat antarmuka jaringan, aplikasi dapat menggunakan Transmisi Control Protocol (TCP) atau Stream Control Transmission Protocol (SCTP) yang dirancang untuk tujuan ini.
Stream Control Transmission Protocol (SCTP)
Stream Control Transmission Protocol (SCTP) adalah protokol Transport Layer, melayani dalam peran mirip dengan protokol populer Transmission Control Protocol (TCP) dan User Datagram Protocol (UDP). Ini menyediakan beberapa fitur layanan yang sama dari kedua: itu adalah pesan-berorientasi seperti UDP dan memastikan handal, transportasi di-urutan pesan dengan kontrol kongesti seperti TCP.
Protokol ini didefinisikan oleh IETF Signaling Transport (SIGTRAN) kelompok kerja pada tahun 2000, dan dipertahankan oleh kelompok IETF Transport Area (TSVWG) bekerja. RFC 4960 mendefinisikan protokol. RFC 3286 menyediakan sebuah pengantar.
Dengan tidak adanya dukungan SCTP asli dalam sistem operasi adalah mungkin untuk terowongan SCTP atas UDP, serta pemetaan TCP API panggilan ke yang SCTP.
Datagram Congestion Control Protocol (DCCP)
Datagram Congestion Control Protocol (DCCP) adalah pesan yang berorientasi Transport Layer protokol. DCCP menerapkan setup sambungan yang andal, teardown, Explicit Congestion Pemberitahuan (ECN), kontrol kongesti, dan negosiasi fitur. DCCP telah diterbitkan sebagai RFC 4340, standar yang diusulkan, oleh IETF pada bulan Maret, 2006. RFC 4336 menyediakan sebuah pengantar. Linux memiliki implementasi DCCP pertama kali dirilis dalam versi kernel Linux 2.6.14 (dirilis tanggal 28 Oktober 2005).
DCCP menyediakan cara untuk mendapatkan akses ke mekanisme kontrol kongesti tanpa harus menerapkannya pada layer Aplikasi. Hal ini memungkinkan untuk aliran berbasis semantik seperti di Transmission Control Protocol (TCP), tetapi tidak memberikan pengiriman handal di-order. Pengiriman sequencing dalam beberapa aliran seperti di Stream Control Transmission Protocol (SCTP) tidak tersedia di DCCP.
IPX / SPX
IPX / SPX adalah singkatan dari Packet Internetwork Packet Exchange / sequencing Exchange. IPX dan SPX adalah protokol yang digunakan jaringan terutama pada jaringan dengan menggunakan sistem Novell NetWare operasi.
IPX dan SPX berasal dari Xerox Network Systems protokol IDP dan SPP, masing-masing. IPX adalah protokol network layer (layer 3 dari model OSI), sementara SPX adalah protokol lapisan transport (lapisan 4 dari Model OSI). Lapisan SPX duduk di atas lapisan IPX dan menyediakan layanan connection-oriented antara dua node pada jaringan. SPX digunakan terutama oleh aplikasi client / server.

3. Network Layer
Internet Protocol (IP)
Internet Protocol (IP) adalah protokol komunikasi utama yang digunakan untuk menyampaikan datagram (paket) di sebuah internetwork menggunakan Internet Protocol Suite. Bertanggung jawab untuk routing paket melintasi batas-batas jaringan, itu adalah protokol utama yang menetapkan Internet.
IP adalah protokol utama dalam Internet Layer Internet Protocol Suite dan mempunyai tugas untuk menyampaikan datagram dari host sumber ke host tujuan semata-mata berdasarkan alamat mereka. Untuk tujuan ini, IP mendefinisikan pengalamatan metode dan struktur untuk enkapsulasi datagram.

Secara historis, IP adalah layanan datagram connectionless di Control Transmisi asli Program diperkenalkan oleh Vint Cerf dan Bob Kahn pada tahun 1974, yang lain menjadi berorientasi koneksi Transmission Control Protocol (TCP). Internet Protocol Suite Oleh karena itu sering disebut sebagai TCP / IP.
Internet Control Message Protocol (ICMP)
Internet Control Message Protocol (ICMP) adalah salah satu protokol inti dari Internet Protocol Suite. Hal ini terutama digunakan oleh sistem operasi komputer jaringan untuk mengirim pesan kesalahan - menunjukkan, misalnya, bahwa layanan yang diminta tidak tersedia atau bahwa host atau router tidak bisa dihubungi. ICMP juga dapat digunakan untuk menyampaikan pesan query.
ICMP mengandalkan IP untuk melakukan tugasnya, dan merupakan bagian integral dari IP. Ini berbeda dalam tujuan dari protokol transport seperti TCP dan UDP dalam hal itu biasanya tidak digunakan untuk mengirim dan menerima data antara sistem akhir. Hal ini biasanya tidak digunakan langsung oleh aplikasi jaringan pengguna, dengan beberapa pengecualian menjadi alat ping dan traceroute.
Internet Protocol Security (IPsec)
Internet Protocol Security (IPsec) adalah protokol untuk mengamankan Internet Protocol (IP) komunikasi dengan mengesahkan dan mengenkripsi setiap paket IP dari suatu sesi komunikasi. IPsec juga mencakup protokol untuk mendirikan otentikasi timbal balik antara agen pada awal sesi dan negosiasi kunci kriptografi yang akan digunakan selama sesi.
IPsec adalah keamanan end-to-end skema yang beroperasi di Layer Internet Internet Protocol Suite. Hal ini dapat digunakan dalam melindungi aliran data antara sepasang host (host-to-host), antara sepasang gateway keamanan (jaringan-untuk-jaringan), atau antara gateway keamanan dan host (jaringan-to-host) .
Internet Group Management Protocol (IGMP)
Internet Group Management Protocol (IGMP) adalah protokol komunikasi yang digunakan oleh host dan router berdekatan pada jaringan IP untuk membentuk keanggotaan grup multicast.
IGMP merupakan bagian integral dari spesifikasi IP multicast. Hal ini sejalan dengan ICMP untuk koneksi unicast. IGMP dapat digunakan untuk video streaming dan game online, dan memungkinkan lebih efisien penggunaan sumber daya ketika mendukung jenis aplikasi.
IGMP digunakan pada jaringan IPv4. Multicast pengelolaan jaringan IPv6 ditangani oleh Multicast Listener Discovery (MLD) yang menggunakan ICMPv6 pesan yang bertentangan dengan enkapsulasi telanjang IP IGMP's.
Internetwork Packet Exchange (IPX)
Internetwork Packet Exchange (IPX) adalah jaringan model OSI-lapisan protokol dalam protokol / IPX SPX stack.
The IPX / SPX protokol stack didukung oleh sistem jaringan Novell NetWare operasi. Karena popularitas Netware melalui akhir 1980-an ke pertengahan 1990-an, IPX menjadi sebuah protokol internetworking populer. Novell IPX berasal dari protokol IDP Xerox Network System '.
Penggunaan IPX adalah penurunan umum sebagai ledakan Internet telah membuat TCP / IP hampir universal. Komputer dan jaringan dapat menjalankan beberapa protokol jaringan, sehingga hampir semua situs IPX akan menjalankan TCP / IP juga untuk memungkinkan untuk konektivitas internet. Hal ini juga sekarang mungkin untuk menjalankan produk Novell tanpa IPX, karena mereka telah mendukung baik IPX dan TCP / IP sejak NetWare mencapai versi 5 pada akhir tahun 1998.
AppleTalk
AppleTalk merupakan rangkaian kepemilikan dari protokol yang dikembangkan oleh Apple Inc untuk jaringan komputer. Itu termasuk dalam Macintosh aslinya dirilis pada tahun 1984, dan sekarang tidak didukung dengan rilis Mac OS X v10.6 pada tahun 2009 yang mendukung TCP / IP networking. AppleTalk's Datagram Delivery Protocol berhubungan erat dengan lapisan Network dari Interkoneksi Sistem Terbuka (OSI) model komunikasi.

2. Data Link Layer
Asynchronous Transfer Mode (ATM)
Asynchronous Transfer Mode (ATM) adalah teknik switching untuk jaringan telekomunikasi. Menggunakan multiplexing asynchronous time-division, dan encode data ke dalam kecil, sel-sel berukuran tetap. Ini berbeda dari jaringan seperti Internet atau LAN Ethernet yang menggunakan paket berukuran variabel atau frame. ATM menyediakan layanan data link layer yang berjalan diatas OSI 1 link Layer fisik. ATM memiliki kemiripan fungsional dengan circuit switched baik jaringan dan paket kecil switched jaringan. Hal ini membuatnya menjadi pilihan yang baik untuk jaringan yang harus menangani keduanya lalu lintas kecepatan tinggi data tradisional (misalnya, transfer file), dan real-time, konten latensi rendah seperti suara dan video. ATM menggunakan model berorientasi koneksi yang sirkuit virtual harus dibentuk antara dua endpoint sebelum pertukaran data yang sebenarnya dimulai. ATM merupakan protokol inti digunakan selama tulang punggung / SONET SDH dari Integrated Services Digital Network (ISDN).
Synchronous Data Link Control (SDLC)
Synchronous Data Link Control (SDLC) adalah protokol komunikasi komputer. Ini adalah lapisan 2 protokol untuk IBM Systems Network Architecture (SNA). SDLC mendukung link multipoint serta koreksi kesalahan. Hal ini juga berjalan dengan asumsi bahwa header SNA hadir setelah header SDLC. SDLC terutama digunakan oleh mainframe IBM dan sistem midrange, namun implementasi ada pada banyak platform dari banyak vendor. Penggunaan SDLC (dan SNA) menjadi lebih dan lebih jarang, sebagian besar digantikan oleh protokol IP-based atau yang terowongan melalui IP (menggunakan Anynet atau teknologi lainnya).
High-Level Data Link Control (HDLC)
High-Level Data Link Control (HDLC) adalah sinkron bit-oriented data link layer protokol yang dikembangkan oleh Organisasi Internasional untuk Standarisasi (ISO). Standar ISO asli untuk HDLC adalah:
ISO 3309 - Struktur Frame
ISO 4335 - Elemen Prosedur
ISO 6159 - Kelas Unbalanced Prosedur
ISO 6256 - Kelas Seimbang Prosedur
Standar saat HDLC adalah ISO 13239, yang menggantikan semua standar-standar.
HDLC menyediakan kedua layanan koneksi-oriented dan connectionless.

HDLC dapat digunakan untuk point to multipoint sambungan, tetapi sekarang digunakan hampir secara eksklusif untuk menghubungkan satu perangkat ke perangkat lainnya, menggunakan apa yang dikenal sebagai Asynchronous Balanced Mode (ABM). Master-slave asli mode Normal Response Mode (NRM) dan Asynchronous Response Mode (ARM) jarang digunakan.
Address Resolution Protocol (ARP)
Address Resolution Protocol (ARP) adalah protokol jaringan komputer untuk menentukan Layer Link sebuah host jaringan atau alamat perangkat keras ketika hanya perusahaan Internet Layer (IP) atau alamat Network Layer dikenal. Fungsi ini sangat penting dalam jaringan area lokal serta untuk routing lalu lintas internetworking di gateway (router) berdasarkan alamat IP ketika router hop berikutnya harus ditentukan. ARP didefinisikan oleh RFC 826 pada tahun 1982. Hal ini Internet Standard PMS 37.
ARP telah diterapkan di banyak jenis jaringan, seperti Internet Protocol (IP), CHAOS, DECnet, Xerox PARC Universal Packet, Token Ring, FDDI, IEEE 802.11 dan teknologi LAN lainnya, serta kapasitas jaringan modern tinggi, seperti Asynchronous Transfer Mode (ATM). Karena prevalensi sangat besar IPv4 dan Ethernet di jaringan umum, ARP yang paling sering digunakan untuk menerjemahkan alamat IPv4 (OSI Layer 3) menjadi alamat Ethernet MAC (OSI Layer 2).
Dalam generasi Internet berikutnya Protocol, IPv6, fungsi ARP adalah disediakan oleh Neighbor Discovery Protocol (NDP).
Serial Line Internet Protocol (SLIP)
Serial Line Internet Protocol (SLIP) merupakan enkapsulasi Internet Protocol yang dirancang untuk bekerja melalui port serial dan koneksi modem. Hal ini didokumentasikan dalam RFC 1055. Pada komputer pribadi, SLIP telah digantikan oleh Protokol Point-to-Point (PPP), yang lebih baik direkayasa, memiliki lebih banyak fitur dan tidak memerlukan konfigurasi alamat IP-nya harus ditetapkan sebelum itu didirikan. Pada mikrokontroler, bagaimanapun, SLIP masih merupakan cara yang lebih disukai mengenkapsulasi paket IP karena overhead yang sangat kecil.
SLIP memodifikasi standar TCP / IP datagram dengan menambahkan khusus "SLIP END" karakter untuk itu, yang membedakan batas datagram dalam aliran byte. SLIP memerlukan konfigurasi port serial 8 bit data, paritas tidak, dan baik hardware kontrol EIA aliran, atau mode CLOCAL (3-kawat null-modem) UART pengaturan operasi.
Paralel Line Internet Protocol (PLIP)
Paralel Line Internet Protocol (PLIP) adalah protokol jaringan komputer untuk komunikasi komputer-ke-komputer langsung menggunakan port paralel biasanya digunakan untuk koneksi ke printer.
Paralel Line Internet Protocol menyediakan layanan Link Layer untuk Internet Protocol, protokol yang digunakan untuk membentuk jaringan area kecil lokal dan jaringan komputer yang besar, seperti Internet, yang memungkinkan perangkat keras jaringan komputer tanpa standar khusus, seperti Ethernet, tetapi dengan port paralel yang lebih tua perangkat, untuk berkomunikasi.

IEEE 802.3
IEEE 802.3 adalah sebuah kelompok kerja dan kumpulan standar IEEE yang dihasilkan oleh kelompok kerja mendefinisikan lapisan fisik dan media akses data link layer's kontrol (MAC) Ethernet kabel. Ini umumnya merupakan teknologi jaringan area lokal dengan beberapa aplikasi wide area network. Koneksi fisik dibuat antara node dan / atau perangkat infrastruktur (hub, switch, router) dengan berbagai jenis kabel tembaga atau serat.
Frame Relay
Frame Relay merupakan daerah standar teknologi jaringan yang luas yang menentukan lapisan link fisik dan logis saluran telekomunikasi digital menggunakan sebuah packet switching metodologi. Awalnya dirancang untuk transportasi di seluruh Terpadu infrastruktur Layanan Digital Network (ISDN), mungkin digunakan saat ini dalam konteks banyak antarmuka jaringan lainnya.
G.hn
G.hn adalah nama umum untuk sebuah standar jaringan rumah teknologi yang dikembangkan dalam International Telecommunication Union (ITU-T) dan dipromosikan oleh HomeGrid Forum dan beberapa organisasi lainnya. ini mendukung jaringan melalui saluran listrik, telepon baris dan kabel koaksial dengan tingkat data sampai 1 Gbit / s.
Point-to-Point Protocol, atau PPP
Point-to-Point Protocol atau PPP, merupakan data link protokol yang umum digunakan dalam membangun koneksi langsung antara dua node jaringan. Hal ini dapat menyediakan otentikasi koneksi, privasi transmisi enkripsi, dan kompresi.
PPP digunakan lebih banyak jenis jaringan fisik termasuk kabel serial, line telepon, trunk line, telepon selular, sambungan radio yang khusus, dan serat optik link seperti SONET. Kebanyakan penyedia layanan Internet (ISP) menggunakan PPP untuk akses pelanggan dial-up ke Internet. Dua bentuk dikemas dari PPP, Point-to-Point Protocol over Ethernet (PPPoE) dan Point-to-Point Protocol atas ATM (PPPoA), paling sering digunakan oleh Internet Service Provider (ISP) untuk membentuk Digital Subscriber Line (DSL) Layanan Internet koneksi dengan pelanggan.
X.25
X.25 merupakan standar ITU-T protocol suite untuk packet switched area jaringan yang luas (WAN) komunikasi. Sebuah WAN X.25 terdiri dari node pertukaran paket-switching (PSE) sebagai perangkat keras jaringan, dan leased line, sambungan telepon polos tua layanan atau sambungan ISDN sebagai link fisik. X.25 adalah keluarga protokol yang digunakan terutama pada tahun 1980 oleh perusahaan telekomunikasi dan dalam sistem transaksi keuangan seperti mesin teller otomatis. X.25 awalnya didefinisikan oleh Telegraph Internasional dan Komite Konsultatif Telepon (CCITT, sekarang ITU-T) dalam serangkaian draft dan diselesaikan dalam publikasi yang dikenal sebagai Kitab Orange pada tahun 1976.
X.25 hari ini untuk sebagian besar digantikan oleh protokol kurang kompleks, terutama protokol Internet (IP) meskipun beberapa operator telepon menawarkan komunikasi berbasis X.25 melalui saluran (D) sinyal dari garis ISDN.

network switch or switching hub
network switch or switching hub adalah perangkat jaringan komputer yang menghubungkan segmen jaringan.
Istilah ini umumnya mengacu pada sebuah jembatan jaringan yang proses dan rute data pada layer data link (lapisan 2) dari model OSI. Switches yang mengolah data tambahan pada network layer (lapisan 3 dan di atas) sering disebut sebagai Layer 3 switch atau switch multilayer.
Switch jaringan Istilah umumnya tidak mencakup perangkat jaringan bodoh atau pasif seperti hub dan repeater.

1. Physical Layer
RS-232 (Recommended Standard 232)
RS-232 (Recommended Standard 232) adalah nama tradisional untuk serangkaian standar untuk serial data tunggal-berakhir biner dan sinyal kontrol menghubungkan antara DTE (Data Terminal Equipment) dan DCE (Data Circuit-terminating Equipment). Hal ini biasanya digunakan dalam port serial komputer. Standar ini mendefinisikan karakteristik listrik dan waktu sinyal, arti dari sinyal, dan ukuran fisik dan pinout konektor. Versi saat ini dari standar ini TIA-232-F Antarmuka Antara Data Terminal Equipment dan Data Circuit-Terminating Equipment Mempekerjakan Serial Binary Data Interchange, yang diterbitkan pada tahun 1997.
RS-449
Spesifikasi RS-449, juga dikenal sebagai EIA-449 atau TIA-449, mendefinisikan karakteristik fungsional dan mekanis dari antarmuka antara peralatan terminal data dan peralatan komunikasi data.
Standar sinyal listrik yang dimaksudkan untuk digunakan dengan RS-449 adalah RS-422 untuk sinyal seimbang, dan RS-423 untuk sinyal tidak seimbang, dengan kecepatan data sampai 2 Mbit / s. Standar ini menetapkan DC-37 dan DE-9 untuk rangkaian data primer dan sekunder. Meskipun tidak pernah diterapkan pada komputer pribadi, antarmuka ini ditemukan pada beberapa peralatan komunikasi jaringan. Judul lengkap dari standar ini EIA-449 Tujuan Umum 37-Posisi dan 9-Posisi Interface Data Terminal Equipment dan Data Circuit-Terminating Equipment Mempekerjakan Serial Binary Data Interchange.
I.431
I.431/430 Jaringan standar adalah rekomendasi yang dihasilkan oleh ITU. Mereka adalah Layer 1 spesifikasi untuk jaringan ISDN, baik menggunakan sirkuit E1 atau T1. Standar I.431 dikenal sebagai 'PRI Physical Layer' sedangkan I.430 dikenal sebagai 'BRI Fisik Layer'.
Plain old telephone service (POTS)
Plain old telephone service (POTS) adalah layanan telepon voice-grade yang tetap menjadi bentuk dasar dari koneksi bisnis jasa perumahan dan kecil untuk jaringan telepon di sebagian besar dunia. Nama ini retronym, dan merupakan cerminan dari layanan telepon masih tersedia setelah munculnya bentuk-bentuk yang lebih maju dari telepon seperti ISDN, ponsel dan VoIP. POTS telah tersedia hampir sejak diperkenalkannya sistem telepon umum di akhir abad 19, dalam bentuk yang sebagian besar tidak berubah untuk pengguna normal meskipun pengenalan panggilan Touch-Tone, pertukaran telepon elektronik dan komunikasi serat optik ke dalam telepon umum jaringan (PSTN).
Plesiochronous Digital Hierarchy (PDH)
Plesiochronous Digital Hierarchy (PDH) adalah teknologi yang digunakan dalam jaringan telekomunikasi untuk mengangkut sejumlah besar data melalui peralatan transportasi digital seperti serat optik sistem radio dan microwave. Istilah ini plesiochronous berasal dari plēsios Yunani, yang berarti dekat, dan chronos, waktu, dan mengacu pada kenyataan bahwa jaringan PDH dijalankan dalam keadaan di mana bagian yang berbeda dari jaringan hampir, tapi tidak cukup sempurna, disinkronisasi.
Synchronous Optical Networking (SONET)
Synchronous Optical Networking (SONET) dan Synchronous Digital Hierarchy (SDH) adalah protokol standar yang multiplexing digital mentransfer sedikit beberapa aliran atas serat optik menggunakan laser atau dioda pemancar cahaya (LED). Kecepatan data yang lebih rendah juga dapat ditransfer melalui sebuah antarmuka listrik. Metode ini dikembangkan untuk menggantikan Plesiochronous Digital Hierarchy (PDH) sistem transportasi untuk jumlah yang lebih besar dari panggilan telepon dan lalu lintas data melalui serat yang sama tanpa masalah sinkronisasi. SONET kriteria generik secara rinci dalam dokumen Generik Telecordia Technologies Persyaratan GR-253-CORE. kriteria Generik berlaku untuk SONET dan sistem transmisi lainnya (misalnya, sistem serat optik asynchronous atau sistem radio digital) ditemukan di Telecordia GR-499-CORE .
passive optical network (PON)
passive optical network (PON) merupakan point-to-multipoint, serat untuk arsitektur jaringan tempat di mana unpowered splitter optik memanfaatkan prinsip-prinsip sudut Brewster adalah digunakan untuk mengaktifkan sebuah serat optik tunggal untuk melayani beberapa tempat, biasanya 32-128. Sebuah PON terdiri dari optical line terminal (OLT) di kantor pusat penyedia layanan dan sejumlah unit jaringan optik (tanggung jawab) di dekat pengguna akhir. Sebuah konfigurasi PON mengurangi jumlah fiber dan peralatan kantor pusat yang diperlukan dibandingkan dengan titik ke titik arsitektur. Sebuah jaringan optik pasif adalah bentuk akses jaringan serat optik.
Optical Transport Network (OTN)
Optical Transport Network (OTN) sebagai satu set Optical Network Elements (3R) dihubungkan dengan link fiber optik, mampu menyediakan fungsionalitas transportasi, multiplexing, switching, pengawasan manajemen, dan survivability saluran optik membawa sinyal klien.
Digital Subscriber Line (DSL)
Digital Subscriber Line (DSL) adalah keluarga teknologi yang menyediakan transmisi data digital melalui kabel dari jaringan telepon lokal. DSL awalnya berdiri untuk loop pelanggan digital. Dalam pemasaran telekomunikasi, istilah Digital Subscriber Line secara luas dipahami Asymmetric Digital Subscriber Line (ADSL), berbagai teknis yang paling umum terpasang DSL. Layanan DSL diberikan bersamaan dengan telepon biasa pada saluran telepon yang sama. Hal ini dimungkinkan karena DSL menggunakan frekuensi yang lebih tinggi. Band-band frekuensi kemudian dipisahkan dengan penyaringan.

Ethernet physical layer
Ethernet physical layer merupakan komponen lapisan fisik standar Ethernet.
Lapisan fisik Ethernet berevolusi selama rentang waktu yang cukup besar dan cukup mencakup beberapa antarmuka fisik media dan beberapa besaran kecepatan. Kecepatan berkisar dari 1 Mbit / s hingga 100 Gbit / s dalam kecepatan sedangkan medium fisik dapat berkisar dari kabel koaksial besar untuk twisted pair ke dalam serat optik. Secara umum, stack protokol jaringan lunak akan bekerja sama pada semua jenis berikut.
IEEE 802.11
IEEE 802.11 adalah satu set standar untuk implementasi jaringan area lokal nirkabel (WLAN) komunikasi komputer di 2.4, 3.6 dan 5 GHz band frekuensi. Mereka diciptakan dan dipelihara oleh IEEE LAN / MAN Standards Committee (IEEE 802). Versi base saat ini dari standar ini IEEE 802,11-2007.
Universal Serial Bus (USB)
Universal Serial Bus (USB) adalah suatu spesifikasi untuk membangun komunikasi antara perangkat dan sebuah host controller (biasanya sebuah komputer pribadi), dikembangkan dan diciptakan oleh Ajay Bhatt ketika bekerja untuk Intel USB telah. efektif menggantikan berbagai antarmuka seperti port serial dan paralel.
USB dapat menghubungkan peripheral komputer seperti mouse, keyboard, kamera digital, printer, personal media player, flash drive, Network Adapters, dan hard drive eksternal. Bagi banyak dari mereka perangkat, USB telah menjadi metode koneksi standar.
Bluetooth
Bluetooth adalah teknologi standar terbuka eksklusif nirkabel untuk bertukar data melalui jarak pendek (menggunakan transmisi radio pendek panjang gelombang) dari perangkat tetap dan bergerak, menciptakan jaringan wilayah pribadi (PANS) dengan tingkat keamanan yang tinggi. Dibuat oleh vendor telekomunikasi Ericsson pada tahun 1994, itu awalnya dipahami sebagai alternatif nirkabel ke RS-232 kabel data. Hal ini dapat menghubungkan beberapa perangkat, mengatasi masalah sinkronisasi. Hari Bluetooth dikelola oleh Bluetooth Special Interest Group.

Silahkan download .Docx nya disini

[You must be registered and logged in to see this link.]
Back to top Go down
http://software-download1001.blogspot.com/
 

OSI MODEL Jaringan Komputer

View previous topic View next topic Back to top 

 Similar topics

-
» About Jaringan Komputer
» Wi-Fi jaringan komputer
» RANGKUMAN Jaringan Komputer
Page 1 of 1

Permissions in this forum:You cannot reply to topics in this forum
Forum Informatika ::  :: Jarkom-
Jump to:  

Free forum | Society and Culture | Misc | ©phpBB | Free forum support | Report an abuse | Forumotion.com