Forum Informatika
Silahkan Login

Kami sarankan anda register atau daftar terlebih dahulu agar anda dapat mendownload atau membuka category forum secara keseluruhan....
karena ada beberapa forum yang tertutup untuk tamu dan dengan Login Anda bisa menggunakan fasilitas Chatting yang kami miliki.

Selamat Bergabung
Forum Informatika
Silahkan Login

Kami sarankan anda register atau daftar terlebih dahulu agar anda dapat mendownload atau membuka category forum secara keseluruhan....
karena ada beberapa forum yang tertutup untuk tamu dan dengan Login Anda bisa menggunakan fasilitas Chatting yang kami miliki.

Selamat Bergabung
Forum Informatika
Would you like to react to this message? Create an account in a few clicks or log in to continue.

Forum Informatika

Created By Hanafi Sukawa Ginting
 
HomeLatest imagesPasang Iklanfacebook InformatikaRegisterLog inNew Tab Newscomputer

Share | 
 

 Design Grafis

View previous topic View next topic Go down 
AuthorMessage


Change Your Avatar -------------->

admin
admin

Admin
Rank : Admin


My Pets : Design Grafis Emoticon-animal-028
Jumlah posting : 550
Point : 2147483647
Reputasi : 47
Join date : 2010-04-23
Age : 31
Lokasi : indonesia

Design Grafis Empty
PostSubject: Design Grafis   Design Grafis I_icon_minitimeFri 22 Oct 2010, 12:49

Design Grafis

Graphic, atau grafis dalam bahasa Indonesia, berasal dari bahasa Yunani graphein yang berati menulis atau menggambar. Sementara itu, istilah seni grafis yaitu seni gambar dalam dua dimensi pada umumnya mencakup beberapa bentuk kegiatan, seperti menggambar, melukis, dan fotografi. Secara spesifik, cakupan tadi terbatas pada karya yang dicetak atau karya seni yang dibuat untuk diperbanyak melalui proses cetak.
Desain grafis dapat diartikan sebagai proses pemikiran yang diwujudkan dalam gambar (komentar Hendi Henratman S.T. 2006). Dalam bahasa inggris disebut graphic diartikan sebagai goresan yang berupa titik – titik atau garis yang berhubungan dengan kegiatan cetak – mencetak (komentar Freddy Adiono Basuki, 2000). Desain grafis dapat diartikan sebagai proses pemikiran untuk mengalihkan gagasan dalam bentuk gambar (komentar Atisah Sipahelu 1991).
Seni grafis termasuk desain dan produk publikasi serta seni komersial. Di dalam konteks tersebut akan diperoleh cakupan yang lebih luas yang meliputi bidang drawing, ilustrasi,1grafik, diagram, cartografi (gambar peta), fotograpi, advertising (periklanan), desain buku, komputer grafis, serta poster dan ilmu percetakan. Selain dibahas pada pembahasan ini, sebagian topik – topik yang disebut di atas juga akan dibahas lebih luas dalam bab – bab tersendiri.
Karya grafis ada di sekeliling kehidupan kita sehari – hari, yakni saat kita melihat poster atau iklan di jalan, buku, koran, atau majalah yang kita baca, dan ketika kita membuka kemasan biskuit, melihat judul acara di televisi, dan sebagainya. Secara sederhana, pekerjaan seorang desainer grafis pertama – tama adalah agar orang lain melihatnya, kemudian membuat orang membaca dan memahaminya. Di dalam menjalankan misinya, seorang desainer menggunakan tulisan, gambar, warna, dan bentuk untuk melaksanakannya.
Dapatkah anda membayangkan, betapa sangat berpengaruhnya desain grafis dalam kehidupan kita. Lalu, masihkah kita mempertanyakan perlunya kita belajar desaing grafis ? Desain grafis juga bertugas memberikan informasi serta panduan melalui sign atau tanda – tanda. Misalnya, saat kita berada di sebuah bandara yang kita butuhkan adalah petunjuk melalui gambar – gambar sehingga kita mudah memahaminya. Gambar – gambar memudahkan orang untuk memahami petunjuk sekali pun tidak memahami bahasa atau tulisan setempat.
Lingkup kerja grafis desain grafis antara lain :
 Buku, buku modern non fiksi dan buku pelajaran, banyak memerlukan desain grafis, sebagai informasi visual. Termasuk fotografi dan teks.
 Majalah. Alasan utama mempertahankan gambar (image) pada majalah adalah untuk mencapai target pembaca tertentu, cara menarik gambar melalui bentuk tulisan dan menambah kolom – kolom dan memanfaatkan ruang kosong.
 Koran, surat kabar. Setiap koran memiliki gaya visual yang berbeda – beda namun layoutnya tetap mengikuti pola standar.
 Leaflet, brosur, dan news letter. Leaflet secara cepat dapat divisualisasi pada ukuran tertentu berdasarkan rational desain elmennya dengan mengikuti pola – pola tertentu.
 Logos (corporate Image). Mendesain logo boleh jadi hal terpenting dan memakai biaya besar dalam bidang grafis. Seluruh elmen yang menjadi unsur – unsurnya juga harus bermakna, komunikasi dan menggambarkan image perusahaan atau lembaga yang menggunakannya.

Masih banyak bidang lain yang termasuk dalam bidang grafis namun hal diatas yang paling umum. Selain itu, yang memerlukan desain grafis sangat banyak antara lain. Biro periklanan / advertising, percetakan / penerbitan, studio photo, rumah produksi, asisten fotografer, digital imaging dan lain – lain.
Sedikit membahas tentang sejarah desain grafis berasal dari perkembangan manusia di dalam melahirkan karya grafis dari waktu ke waktu memiliki alur yang menarik untuk diikuti. Hal itu banyak berkaitan dengan muatan filosofi yang terkandung dalam karya – karya masterpiece yang pernah dibuat oleh seniman di masa lalu. Pengaruh dari karya masa lalu itu banyak yang masih dijadikan patokan bagi karya – karya masa kini.
Back to top Go down
http://software-download1001.blogspot.com/
 

Design Grafis

View previous topic View next topic Back to top 

 Similar topics

-
» Ragam Dialog Berbasis Interaksi Grafis
Page 1 of 1

Permissions in this forum:You cannot reply to topics in this forum
Forum Informatika ::  :: IMK-
Jump to:  

Free forum | ©phpBB | Free forum support | Report an abuse | Forumotion.com