Forum Informatika
Silahkan Login

Kami sarankan anda register atau daftar terlebih dahulu agar anda dapat mendownload atau membuka category forum secara keseluruhan....
karena ada beberapa forum yang tertutup untuk tamu dan dengan Login Anda bisa menggunakan fasilitas Chatting yang kami miliki.

Selamat Bergabung
Forum Informatika
Silahkan Login

Kami sarankan anda register atau daftar terlebih dahulu agar anda dapat mendownload atau membuka category forum secara keseluruhan....
karena ada beberapa forum yang tertutup untuk tamu dan dengan Login Anda bisa menggunakan fasilitas Chatting yang kami miliki.

Selamat Bergabung
Forum Informatika
Would you like to react to this message? Create an account in a few clicks or log in to continue.

Forum Informatika

Created By Hanafi Sukawa Ginting
 
HomeLatest imagesPasang Iklanfacebook InformatikaRegisterLog inNew Tab Newscomputer

Share | 
 

 RANGKUMAN Jaringan Komputer

View previous topic View next topic Go down 
AuthorMessage


Change Your Avatar -------------->

admin
admin

Admin
Rank : Admin


My Pets : RANGKUMAN Jaringan Komputer Emoticon-animal-028
Jumlah posting : 550
Point : 2147483647
Reputasi : 47
Join date : 2010-04-23
Age : 31
Lokasi : indonesia

RANGKUMAN Jaringan Komputer Empty
PostSubject: RANGKUMAN Jaringan Komputer   RANGKUMAN Jaringan Komputer I_icon_minitimeTue 07 Dec 2010, 20:23

Jaringan komputer adalah sebuah sistem yang terdiri atas komputer, software dan perangkat jaringan lainnya yang bekerja bersama-sama untuk mencapai suatu tujuan yang sama.

Tujuan belajar jaringan komputer
# Membagi sumber daya: contohnya berbagi pemakaian printer, CPU, memori, harddisk
# Komunikasi: contohnya surat elektronik, instant messaging, chatting
# Akses informasi: contohnya web browsing

Manfaat Jaringan komputer
• Resource sharing , dapat menggunakan sumberdaya yang secara bersama-sama. Misalnya seorang pengguna yang berada di 100 Km jauhnya dari suatu data, tidak mendapatkan kesulitan dalam menggunakan data tersebut dan seolah olah data tersebut berada di dekatnya. Hal ini sering diartikan bahwa jaringan komputer mengatasi masalah jarak.
• Reliabilitas tinggi, dengan jaringan komputer kita akan mendapatkan reliabilitas yang tinggi dengan memiliki sumber-sumber alternatif persediaan. Misalnya semua file dapat disimpan atau di copy ke dua, ketiga , atau lebih komputer yang terkoneksi ke jaringan. Sehingga bila satu mesin rusak maka salinan di mesin lain bisa digunakan.
• Menghemat uang. Komputer berukuran kecil mempunyai rasio harga/ kinerja yang lebih baik dibandingkan dengan komputer yang besar. Komputer besar seperti mainframe memiliki kecepatan kiro – kiro sepuluh kali lebih kecepatan komputer kecil/pribadi. Akan tetapi harga mainframe seribu kali lebih mahal dari komputer Pribadi. Ketidak seimbanggan rasio Harga/ Kinerja inilah membuat para perancang sistem untuk membangun sistem yang terdiri dari komputer – komputer Pribadi.
Topologi jaringan adalah, hal yang menjelaskan hubungan geometris antara unsur-unsur dasar penyusun jaringan, yaitu node, link, dan station.

• Topologi star merupakan bentuk topologi jaringan yang berupa konvergensi dari node tengah ke setiap node atau pengguna. Topologi jaringan bintang termasuk topologi jaringan dengan biaya menengah.
• Topologi ring adalah topologi jaringan berbentuk rangkaian titik yang masing-masing terhubung ke dua titik lainnya, sedemikian sehingga membentuk jalur melingkar membentuk cincin.
• Topologi mesh adalah suatu bentuk hubungan antar perangkat dimana setiap perangkat terhubung secara langsung ke perangkat lainnya yang ada di dalam jaringan.
• Topologi Jaringan Pohon (Tree) Topologi jaringan ini disebut juga sebagai topologi jaringan bertingkat. Topologi ini biasanya digunakan untuk interkoneksi antar sentral dengan hirarki yang berbeda.
• Topologi jaringan bus merupakan beberapa simpul/node dihubungkan dengan jalur data (bus). Topologi Bus menyediakan 1 saluran untuk komunikasi semua perangkat sehinga setiap perangkat harus bergantian menggunakan seluran tersebut.

Cara kerja sebuah komputer :

• Input Device (Alat Masukan) Adalah perangkat keras komputer yang berfungsi sebagai alat untuk memasukan data atau perintah ke dalam computer.
• Output Device (Alat Keluaran) Adalah perangkat keras komputer yang berfungsi untuk menampilkan keluaran sebagai hasil pengolahan data. Keluaran dapat berupa hard-copy (ke kertas), soft-copy (ke monitor), ataupun berupa suara.
• I/O Ports Bagian ini digunakan untuk menerima ataupun mengirim data ke luar sistem. Peralatan input dan output di atas terhubung melalui port ini.
• CPU (Central Processing Unit) CPU merupakan otak sistem komputer, dan memiliki dua bagian fungsi operasional, yaitu: ALU (Arithmetical Logical Unit) sebagai pusat pengolah data, dan CU (Control Unit) sebagai pengontrol kerja komputer.
• Memori terbagi menjadi dua bagian yaitu memori internal dan memori eksternal. Memori internal berupa RAM (Random Access Memory) yang berfungsi untuk menyimpan program yang kita olah untuk sementara waktu, dan ROM (Read Only Memory) yaitu memori yang haya bisa dibaca dan berguna sebagai penyedia informasi pada saat komputer pertama kali dinyalakan.
• Data Bus Adalah jalur-jalur perpindahan data antar modul dalam sistem komputer. Karena pada suatu saat tertentu masing-masing saluran hanya dapat membawa 1 bit data, maka jumlah saluran menentukan jumlah bit yang dapat ditransfer pada suatu saat. Lebar data bus ini menentukan kinerja sistem secara keseluruhan. Sifatnya bidirectional, artinya CPU dapat membaca dan menirma data melalui data bus ini. Data bus biasanya terdiri atas 8, 16, 32, atau 64 jalur paralel.
• Address Bus Digunakan untuk menandakan lokasi sumber ataupun tujuan pada proses transfer data. Pada jalur ini, CPU akan mengirimkan alamat memori yang akan ditulis atau dibaca.Address bus biasanya terdiri atas 16, 20, 24, atau 32 jalur paralel.
• Control Bus digunakan untuk mengontrol penggunaan serta akses ke Data Bus dan Address Bus. Terdiri atas 4 samapai 10 jalur paralel.

OSI Network Model Layer

• Physic Layer : Lapisan yang menunjuk kepada hardware/peripheral itu sendiri, dimana terlibatnya beberapa hardware protokol yang terlibat : X.25 ( X.21bis , EIA/TIA-232 , EIA/TIA-449 , EIA-530 , G.703)
• Data Link Layer : Menempatkan data dalam sebuah frame dan memastikan proses transmisi bebas dari kesalahan serta mengendalikan waktu transmisi jaringan. protokol yang terlibat : ISO / IEC 7666, X.25 ( LAPB ), Token Bus , X.222, ISO / IEC 8802-2 LLC tipe 1 dan 2
• Network Layer : merupakan IP protokol jaringan dimana menyediakan jalur terbaik untuk rute transmisi pesan. protokol yang terlibat : ISO / IEC 8208, X.25 ( PLP ), ISO / IEC 8878, X.223 , ISO / IEC 8473-1, CLNP X.233.
• Transport Layer : terdapat TCP dan UDP, memastikan pengurutan transmisi bebas dari kesalahan protokol yang terlibat : ISO / IEC 8073, TP0, TP1, TP2, TP3, TP4 (X.224), ISO / IEC 8602, X.234
• Session Layer : merupakan user interface untuk jaringan. mengontrol transmisi baik saat sesi dimulai, berapa lama dan kapan sesi ditutup. serta keamanan dalam penjalanan tiap-tiap sesi transmisi data. protokol yang terlibat : ISO / IEC 8327, X.225, ISO / IEC 9548-1, X.235
• Presentation Layer : mempersiapakan data, mengkompresi data kemana data itu akan diarahkan, misal : ke aplikasi layer. serta menerjemahkan tanggal ke format komputer. protokol yang terlibat : ISO / IEC 8823, X.226, ISO / IEC 9576-1, X.236
• Application Layer : Lapisan yang menunjuk kepada software aplikasi dimana user dapat berhubungan dengan jaringan.

Alamat IP (Internet Protocol address) adalah suatu nombor unik yang digunakan oleh peranti sebagai pengenalan dan untuk berkomunikasi antara satu sama lain di dalam satu rangkaian komputer yang menggunakan piawaian Protokol Internet (IP).
Pembagian Class IP Address V4
• Kelas A : Pada oktet pertama mulai dari 1 – 126 dan Terdapat 1 Network ID dan 3 Host ID.
• Kelas B : Pada oktet pertama mualai dari 128-191 dan Terdapat 2 Network ID dan 2 Host ID
• Kelas C : Pada oktet pertama dimulai dari 192- 223 dan Terdapat 3 Network ID dan 1 Host ID
• Kelas D : Pada oktet pertama dimulai dari 224-239. Pada kelas ini, IP Address digunakan sebagai alamat multicast
• Kelas E : Pada oktet pertama dimulai dari 240–255. Pada kelas ini, IP Address digunakan untuk keparluan experimental.
Media Transmisi adalah media yang menghubungkan antara pengirim dan penerima informasi (data), karena jarak yang jauh, maka data terlebih dahulu diubah menjadi kode/isyarat, dan isyarat inilah yang akan dimanipulasi dengan berbagai macam cara untuk diubah kembali menjadi data.

Media Transmisi Kabel Merupakan media tranmisi guided, disebut guided karena dapat mentransmisikan serta memandu arah gelombang kepada penerima data. Media ini biasanya digunakan jika jarak sumber dan penerima tidak terlalu jauh.
Media transmisi data yang berupa kabel ada tiga jenis :
a. Kabel Koaksial ( Coaxsial Cable) : terdiri dari duabuah konduktor yang terpisah oleh isolator.
b. Kabel Dua Kawat ( Twisted Pair Cable) : Terdiri beberapa pasang kawat yang digulung dalam satu bendel.
c. Kabel Serat Optik (Fiber Optik Cable) : Kabel yang mengirimkan informasi dengan cara menghantarkan informasi dalam gelombang cahaya.
Media Transmisi Nirkabel Merupakan Media Transmisi unguided, dimana media ini hanya mampu mentransmisikan data dan tidak bertugas sebagai pemandu. Trasmisi data pada jaringan ini dapat dilakukan dengan menggunakan sebuah alat yang disebut antenna atau transceiver.


[You must be registered and logged in to see this link.]
Back to top Go down
http://software-download1001.blogspot.com/
 

RANGKUMAN Jaringan Komputer

View previous topic View next topic Back to top 

 Similar topics

-
» RANGKUMAN TENTANG INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER
» About Jaringan Komputer
» Wi-Fi jaringan komputer
» OSI MODEL Jaringan Komputer
Page 1 of 1

Permissions in this forum:You cannot reply to topics in this forum
Forum Informatika ::  :: Jarkom-
Jump to:  

Create a forum on Forumotion | Society and Culture | Misc | ©phpBB | Free forum support | Report an abuse | Forumotion.com